Hukum Shalat Berjamaah Di rumah, Kantor, Yayasan dll. ? (Serial Tata Cara Sholat)
Apabila di kantor atau yayasan dan semisalnya sudah terdapat masjidnya, maka tidak terdapat masalah di sini. Akan tetapi yang menjadi masalah jika kantor atau yayasan itu tidak memiliki masjid, akan tetapi hanya terdapat musholla?
Pembahasan ini dibangun di atas pembahasan, โApakah shalat berjamaah bagi lelaki wajib dikerjakan di masjid?, ataukah cukup dikerjakan di mana saja -seperti di rumah, di pasar, di kantor-, dan di masjid hanyalah sunnah?โ
Bagi yang berpendapat bahwa bahwa shalat berjamaah memang wajib, hanya saja pelaksanannya tidak harus di masjid, pelaksanaannya di masjid hanyalah sunnah (dan ini adalah pendapat jumhur รบlama([1])), maka tidak mengapa shalat berjamaah di musholla kantor.
Namun bagi ulama yang berpendapat bahwa pelaksanaan shalat berjamaah harus di masjid([2]) maka tidak boleh shalat berjamaah di musholla kantor kecuali karena udzur.
Agar keluar dari khilaf maka hendaknya seseorang berusaha untuk shalat berjamaah di Masjid. Ibnu Taimiyyah berkata :
ููู ู ุตูู ููู ุจููุชู ุฌู ูุงุนูุฉ ููููู ูุณููุท ุนูููู ุญูุถููุฑ ุงููู ูุณูุฌูุฏ ููููู ูุฒุงุน ููููููุจูุบูู ุฃููุง ูุชูุฑู ุญูุถููุฑ ุงููู ูุณูุฌูุฏ ุฅููููุง ูุนุฐุฑ
โBarang siapa yang shalat di rumahnya secara berjamaรกh, apakah telah gugur darinya kewajiban untuk hadir berjamaah di masjid?. Ada perselisihan (di kalangan ulama). Dan hendaknya seseorang tidak meninggalkan shalat berjamaah di masjid kecuali karena udzurโ ([3])
Ada beberapa kondisi yang mana Allah membolehkan seseorang untuk tidak shalat di masjid, dan semua itu kembali kepada adanya masyaqqoh (keberatan/kesulitan) atau adanya mashalahat yang benar-benar besar. Udzur-udzur tersebut seperti sakit, ([4]) butuh untuk buang air([5]), sudah disuguhkan makanan dan dia membutuhkannya([6]),hujan ([7]) becek, dingin yang menusuk, ngantuk berat, begitu juga yang diinginkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk keliling dan mengecek rumah satu persatu siapa yang tidak shalat berjamaah (yang otomatis beliau tidak hadir shalat berjamaโah). ([8])
Dari udzur-udzur di atas bisa disimpulkan bahwa semua yang berat untuk ditinggalkan karena menghadiri shalat berjamaah maka bisa menjadi udzur untuk tidak shalat berjamaah. An-Nawawi berkata :
ุฃูููู ุจูุงุจู ุงููุฃูุนูุฐูุงุฑู ููู ุชูุฑููู ุงููุฌูู ูุนูุฉู ููุงููุฌูู ูุงุนูุฉู ููููุณู ู ูุฎูุตููุตูุง ุจููู ููููู ู ูุง ููุญููู ุจููู ู ูุดููููุฉู ุดูุฏููุฏูุฉู ูููููู ุนูุฐูุฑู
โSesungguhnya bab โudzur (yang dengannya boleh) meninggalkan shalat jumโat dan jamaโah tidak terkhusush dengan hal-hal tertentu, akan tetapi semua yang termasuk sangat memberatkan adalah dianggap uzdurโ. ([9])
Maka setiap perkantoran dan yayasan kembali ke kaidah ini, jika seandainya pergi shalat berjamaah akan menyebabkan adanya kendala dalam pekerjaan tersebut maka boleh untuk tidak ikut shalat berjamaโah. Contoh: jika pergi shalat ke masjid akan menyebabkan keterlambatan ketika kembali ke kantor, yayasan atau yang lainnya, yang nantinya akan ada ketidakstabilan atau bahkan akan menyebabkan kerugian, maka tatkala itu boleh untuk tidak shalat berjamaโah di masjid.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al โUtsaimin rahimahullah ketika ditanya tentang shalat di kantor pemerintahan, beliau berkata:
ูุณุฃู ูุฐู ุงูุฏูุงุฆุฑ ุงูุญููู ูุฉ: ูู ูู ูู ุฃู ุชุฎุฑุฌูุง ุฅูู ุงูู ุณุงุฌุฏ ุงููุฑูุจุฉ ุญูููู ุฃู ูุงุ ุฅุฐุง ูุงู ูู ูู ุฃู ุชุฎุฑุฌ ุฅูู ุงูู ุณุงุฌุฏ ุงููุฑูุจุฉ ุญูููู ุฏูู ุฃู ูุนุทููุง ุงูุนู ู ูุฅูู ูุฌุจ ุนูููู ุฃู ูุตููุง ูู ุงูู ุณุฌุฏุ ูุฃู ุงูููู ุงูุฑุงุฌุญ ู ู ุฃููุงู ุฃูู ุงูุนูู ุฃู ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุงุนุฉ ูุฌุจ ุฃู ุชููู ูู ุงูู ุณุงุฌุฏุ ูุฅู ูุงู ุจุนุถ ุงูุนูู ุงุก ูููู: ุงููุงุฌุจ ุงูุฌู ุงุนุฉ ุณูุงุก ูุงู ูู ุงูู ุณุฌุฏ ุฃู ูู ุงูุจูุช ุฃู ูู ุงูู ูุชุจ.
โKita tanya kepada pihak kantor pemerintahan tersebut, apakah memungkinkan bagi kalian untuk berangkat ke masjid terdekat? Jika memungkinkan untuk berjamaโah di masjid terdekat tanpa akan melalaikan pekerjaan, maka wajib untuk shalat di masjid terdekat, karena pendapat yang paling kuat dari perbedaan pendapat para โulama adalah wajibnya shalat berjamaโah di masjid, meskipun ada sebagian โulama yang mengatakan: yang penting berjamaโah, baik di masjid atau di rumah atau di perkantoran.
ูุฅุฐุง ูุงู ูุง ูู ูู ุฃู ูุฎุฑุฌูุง ุฅูู ุงูู ุณุฌุฏ ูุจุนุฏูุง ุฃู ูุฎุดู ุฃููู ุฅุฐุง ุฎุฑุฌูุง ุฅูู ุงูู ุณุฌุฏ ุชูุฑููุง ุฃู ุชูุงุนุจูุง – ูู ุง ููุฌุฏ ู ู ุจุนุถูู ุฅุฐุง ุฎุฑุฌ ุฐูุจ ุฅูู ุจูุชู ููู ูุฑุฌุน -ุ ุฃู ุฅุฐุง ุฎุฑุฌูุง ุชุนุทู ุงูุนู ู ูููู ุงูุนู ู ูุซููุงู ูุฎุชู ุฅุฐุง ุฎุฑุฌูุง ุฅูู ุงูู ุณุฌุฏุ ูุฅููู ูุตููู ูู ุงูุฏุงุฆุฑุฉ ูู ูุฐู ุงูุญุงูุ ูุฃู ุงูู ุญุงูุธุฉ ุนูู ุงููุธููุฉ ูุงุฌุจ ูุง ูุฌูุฒ ุงูุฅุฎูุงู ุจู.
Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk pergi ke masjid, karena jauh atau jika mereka pergi ke masjid dikhawatirkan akan bermain-main atau berpencar -sebagaimana yang terjadi, sebagian dari mereka apabila pergi, maka mereka akan pulang ke rumah dan tidak kembali-, atau jika mereka pergi ke masjid akan menyebabkan masalah pada pekerjaan tersebut karena pekerjaan tersebut banyak, maka dalam keadaan yang seperti ini mereka shalat di kantor, karena menjaga kewajiban pekerjaan itu wajib dan tidak boleh lalai dengannya
ูุฅุฐุง ูููุง: ุฅููู ูุตููู ูู ุงูุฏุงุฆุฑุฉ ูุงููุงุฌุจ ุฃู ูุฌุชู ุนูุง ุฌู ูุนุงู ุนูู ุฅู ุงู ูุงุญุฏ ุฅุฐุง ุฃู ููุ ูุฅู ูู ูู ูู ุตูู ูู ุฏูุฑ ูู ุฏูุฑูุ ูุฌุชู ุน ุฃูู ุงูุฏูุฑ ุงููุงุญุฏ ูู ู ูุงู ูุงุญุฏ ููุตููู.
Dan apabila kita katakan: mereka shalat di kantor, maka wajib bagi mereka untuk berjamaโah di belakang satu imam jika memungkinkan, akan tetapi jika tidak memungkinkan maka setiap lantai shalat di lantainya masing-masing, yaitu penghuni setiap lantai berkumpul lalu merekapun sholat di lantai tersebutโ ([10])
Ibnu Abi Haatim meriwayatkan dari Shalih putranya Imam Ahmad, beliau berkata
ุญุถุฑุช ุนูุฏ ุฅุจุฑุงููู ุจู ุฃุจู ุงูููุซ ูุญุถุฑ ุนูู ุงุจู ุงูู ุฏููู ูุนุจุงุณ ุงูุนูุจุฑู ูุฌู ุงุนุฉ ูุซูุฑุฉ ูููุฏู ุจุตูุงุฉ ุงูุธูุฑ ููุงู ุนูู ุงุจู ุงูู ุฏููู ูุฎุฑุฌ ุฅูู ุงูู ุณุฌุฏ ุฃู ูุตูู ูููุงุ ููุงู ุฃุญู ุฏ: ูุญู ุฌู ุงุนุฉ ูุตูู ูููุงุ ูุตูููููุง
โAku hadir di sisi Ibrahim bin Abi Al-Laits, dan hadir pula Ali bin Al-Madini, al-รbbas al-รnbari, dan juga jamaah yang lain yang banyak. Lalu dikumandangkanlah adzan shalat dzuhur. Maka Ali bin Al-Madini berkata, โKita keluar menuju masjid ataukah kita shalat di sini?โ. Maka Ahmad berkata, โKita adalah jamaรกh, kita shalat di siniโ. Maka merekapun shalatโ.
Ibnu Abi Hatim berkomentar :
ุฑุฌูุน ุงูุฌู ุงุนุฉ ุงูุฐูู ุญุถุฑูุง ุฅูู ููู ุฃุญู ุฏ ูู ุชุฑู ุงูุฎุฑูุฌ ุฅูู ุงูู ุณุฌุฏ ูุฌู ุน ุงูุตูุงุฉ ููุงู ู ู ุฌูุงูุฉ ุฃุญู ุฏ ูู ููุน ููุงู ู ุนูุฏูู
โPara ulama yang hadir semuanya kembali mengikuti perkataan Imam Ahmad yaitu tidak perlu keluar ke masjid untuk shalat berjamaรกh di masjid, tidak lain karena agungnya Imam Ahmad dan perkataan beliau yang berkesan terhadap merekaโ ([11])
Oleh Ustadz DR. Firanda Andirja, Lc. MA.
Anda bisa dapatkan artikel seputar bekal shalat diย app store bekalislamย atau direktoriย bekalislam.firanda.com
____________
Footnote:
([1]) Imam Asy-Syafiรญ berkata :
ููููุง ุฃูุฑูุฎููุตู ููู ููู ููุฏูุฑู ุนูููู ุตูููุงุฉู ุงููุฌูู ูุงุนูุฉู ููู ุชูุฑููู ุฅุชูููุงููููุง ุฅูููุง ู ููู ุนูุฐูุฑู … ููููููู ุฌูู ูุงุนูุฉู ุตููููู ูููููุง ุฑูุฌููู : ููู ุจูููุชููู ุ ุฃููู ููู ู ูุณูุฌูุฏู ุตูุบููุฑู ุ ุฃููู ููุจููุฑูุ ููููููู ุงููุฌูู ูุงุนูุฉู ุฃููู ููุซููุฑูููุง ุฃูุฌูุฒูุฃูุชู ุนููููู
โMaka orang yang mampu untuk shalat berjamaah aku tidak memberi keringanan baginya untuk meninggalkan shalat berjamaah kecuali karena udzurโฆ dan setiap jamaรกh seseorang shalat dalam jamaรกh tersebut, di rumahnya, atau di masjid kecil, atau masjid besar, jamaรกhnya sedikit atau banyak maka sah (mencukupi)โ (al-Umm 1/180)
Ibnu Qudamah berkata :
ููููุฌููุฒู ููุนูููููุง ููู ุงููุจูููุชู ููุงูุตููุญูุฑูุงุกูุ ููููููู: ููููู ุฑูููุงููุฉู ุฃูุฎูุฑูู: ุฃูููู ุญูุถููุฑู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ููุงุฌูุจู ุฅุฐูุง ููุงูู ููุฑููุจูุง ู ููููู
โDan boleh melakukan shalat berjamaรกh di rumah dan di padang terbuka. Dan dikatakan : ada rwiayat yang lain (dari imam Ahmad) bahwasanya hadir di masjid itu wajib jika masjidnya dekatโ (al-Mughni 2/131)
Pendapat yang muโtamad (menjadi patokan) dalam madzhab Hanbali bahwasanya shalat berjamaah di masjid hukumnya fardu โkifayah (Lihat al-Muharror fi al-Fiqhi รกla Madzhab al-Imam Ahmad bin Hanbal. Abdussalam Abul Barokaat Majdduddiin Ibni Taimiyyah 1/91-92). Sehingga jika sudah ditegakan shalat berjamaah di masjid oleh sekelompok orang maka bagi yang lainnya hukumnya adalah sunnah. Ibnu Muflih berkata :
ููููุนูููููุง ููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ุณููููุฉู
โMengerjakan shalat berjamaรกh di masjid hukumnya sunnahโ (Al-Furuuโ 2/421)
([2]) Dan ini adalah salah satu pendapat yang diriwayatkan juga dari al-Imam Ahmad, sebagaimana telah lalu penukilannya di footnote sebelumnya (lihat al-Mughni 2/131), juga pendapat dzohiriyah. Bahkan Ibnu Hazm berkata :
ููููุง ุชูุฌูุฒูุฆู ุตูููุงุฉู ููุฑูุถู ุฃูุญูุฏูุง ู ููู ุงูุฑููุฌูุงูู -: ุฅุฐูุง ููุงูู ุจูุญูููุซู ููุณูู ูุนู ุงููุฃูุฐูุงูู ุฃููู ููุตููููููููุง ุฅูููุง ููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ู ูุนู ุงููุฅูู ูุงู ูุ ููุฅููู ุชูุนูู ููุฏู ุชูุฑููู ุฐููููู ุจูุบูููุฑู ุนูุฐูุฑู ุจูุทูููุชู ุตูููุงุชูููุ ููุฅููู ููุงูู ุจูุญูููุซู ููุง ููุณูู ูุนู ุงููุฃูุฐูุงูู ููููุฑูุถู ุนููููููู ุฃููู ููุตูููููู ููู ุฌูู ูุงุนูุฉู ู ูุนู ููุงุญูุฏู ุฅูููููู ููุตูุงุนูุฏูุง ููููุง ุจูุฏููุ ููุฅููู ููู ู ููููุนููู ููููุง ุตูููุงุฉู ูููู ุฅูููุง ุฃููู ููุง ููุฌูุฏู ุฃูุญูุฏูุง ููุตูููููููุง ู ูุนููู ููููุฌูุฒูุฆููู ุญููููุฆูุฐู
โDan tidak sah sholat wajib seorang lelakipun jika dia mendengar adzan kecuali jika dia shalat di masjid bersama imam. Jika ia menyengaja untuk meninggalkan hal itu tanpa udzur maka batal shalatnya. Jika ia tidak mendengar adzan maka wajib baginya untuk shalat dalam kondisi berjamaah bersama seseorang yang lain atau lebih, dan harus. Jika ia tidak melakukannya maka tidak ada shalat baginya. Kecuali jika ia tidak menemukan seorangpun yang shalat bersamanya maka sah baginya shalat sendirianโ ย (al-Muhalla 3/104)
([3]) Mukhtashor al-Fataawa al-Mishriyah 1/59
([4]) Hadits Aโisyah: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan Abu Bakr mengimami para sahabat ketika beliau sakit. (Lihat H.R. Bukhori No.664, Muslim No.418)
ููุง ุตูููุงุฉู ุจูุญูุถูุฑูุฉู ุงูุทููุนูุงู ูุ ููููุง ูููู ููุฏูุงููุนููู ุงููุฃูุฎูุจูุซูุงูู
โTidak ada shalat ketika hidangan sudah tersedia, dan jika dia menahan buang air besar maupun buang air kecilโ (Muslim No.560)
ุฅูุฐูุง ููุถูุนู ุงูุนูุดูุงุกู ููุฃููููู ูุชู ุงูุตูููุงูุฉูุ ููุงุจูุฏูุกููุง ุจูุงูุนูุดูุงุกู
โJika telah dihidangkan makan malam sementara telah diiqomatkan untuk shalat maka mulailah dahulu dengan makan malamโ (H.R. Bukhori No.5463, Muslim No.560)
ุฃูุฐูููู ุงุจููู ุนูู ูุฑู ููู ููููููุฉู ุจูุงุฑูุฏูุฉู ุจูุถูุฌูููุงููุ ุซูู ูู ููุงูู: ุตูููููุง ููู ุฑูุญูุงููููู ูุ ููุฃูุฎูุจูุฑูููุง ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุฃูู ูุฑู ู ูุคูุฐููููุง ููุคูุฐููููุ ุซูู ูู ููููููู ุนูููู ุฅูุซูุฑููู: ยซุฃููุงู ุตูููููุง ููู ุงูุฑููุญูุงููยป ููู ุงููููููููุฉู ุงูุจูุงุฑูุฏูุฉูุ ุฃููู ุงูู ูุทููุฑูุฉู ููู ุงูุณููููุฑู
โIbnu Umar adzan di malam yang dingin di daerah Dhojnaan. Lalu beliau berkata, โShalatlah kalian di rumah kalianโ. Maka beliau mengabarkan kepada kami bahwasanya Rasulullah shallallahu รกlaihi wasallam dahulu menyuruh tukang adzan untuk beradzan lalu setelah itu berkata, โHendaknya kalain shalat di rumahโ di malam yang dingin atau ketika hujan ketika safarโ (H.R. Bukhori No.632, Muslim No.697)
([9]) Al Majmuโ, Annawawi, 4/384
([10]) https://ar.islamway.net/fatwa/76000/ ุงูุตูุงุฉ-ูู-ุงูู ุคุณุณุงุช-ูุงูู ูุงุชุจ-ูู-ู ุตููุงุช-ูุญูู -ุชุนุฏุฏ-ุงูุฌู ุงุนุงุช-ูููุง