KALAU ADA YG LEBIH BAIK DARI “AH..”…

Jika ada perkataan yang lebih baik dari perkataan “uff../ ah..” yang menunjukan kejengkelan kepada orang tua, tentulah sudah Allah sebutkan dalam al-Qur’an. Akan tetapi itulah (ah…) kalimat yang paling sopan yang menunjukan kejengkelan atau ketidak setujuan terhadap orang tua.
Allah berfirman :

وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia” (QS Al-Isroo’ : 23)
Ternyata Allah mengharamkan kalimat “ah” untuk diucapkan kepada orang tua…bahkan sebagian ulama menyatakan bahwa hal itu adalah termasuk bentuk durhaka kepada orang tua….
Sebaliknya membuat orang tua tersenyum….juga merupakan bentuk berbakti kepada orang tua…berpahala besar…, apalagi yang lebih daripada itu.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0