Sahabatmu yang menasehatimu adalah …

403

Sahabatmu yang menasehatimu adalah sahabat yang sayang padamu sehingga ingin kebaikan bagimu, adapun sahabat yang membiarkanmu dalam kesalahan tanpa menasehatimu adalah sahabat yang telah menipumu.

Adhiel Abdat Usatdz, tanya… kalo kita menasehati tapi malah mereka tidak menghiraukan, bahkan mereka menggunjing kita dibelakang, dibilang kita “sok alim”, “sok suci” dsb… gimana menyikapi nya ustadz…? jazakallah khair atas jawabannya….

Firanda Andirja Pertama : Coba tinjau kembali cara menasehati, mungkin kurang ikhlas.. atau sudah ikhlash akan tetapi gaya menasehati yang terkesan sombong dan angkuh..

Kedua : Oleh karenanya tatkala menasehati kesankan bahwasanya kita sayang kepada yang dinasehati
Ketiga : Jika ternyata hal itu sudah kita lakukan dan kemudian timbul gunjingan dan lecehan… maka itulah resiko menasehati… karenanya Nabi berkata “Agama adalah nsehat”.. menunjukan penting dan tingginya nilai nasehat dan besarnya ganjaran nasehat.
Keempat : Karenanya bersabar… dan
Kelima : Tetap memberikan nasehat meskipun digunjing dan dilecehkan
Baarokallahu fiikum
Abu Hafizh Al Asahani assalamu’alaikum, ustadz gimana sikap kta thdp seorang kakak yg uda dinasehati ttg kedurhakaannya pd org tua, tp malah menyalahkn si adik?
Firanda Andirja hendaknya sang adik tetap mendoakan sang kakak agar mendapatkan hidayah…dan meminta kepada orang tua agar juga mendoakan sang kakak karena doa orang tua mustajaab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here