<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<rss version="2.0" xmlns:dc="http://purl.org/dc/elements/1.1/" xmlns:atom="http://www.w3.org/2005/Atom">
	<channel>
		<title>Jika Imam Qunut Subuh Apakah Makmum Harus Ikut Qunut? Kapankah Makmum Harus Sesuai Imam dan Kapankah Boleh berbeda?</title>
		<description>Discuss Jika Imam Qunut Subuh Apakah Makmum Harus Ikut Qunut? Kapankah Makmum Harus Sesuai Imam dan Kapankah Boleh berbeda?</description>
		<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda</link>
		<lastBuildDate>Wed, 19 Jun 2013 09:12:24 +0000</lastBuildDate>
		<generator>JComments</generator>
		<atom:link href="http://firanda.com/index.php/component/jcomments/feed/com_content/70" rel="self" type="application/rss+xml" />
		<item>
			<title>hariyono says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-7051</link>
			<description><![CDATA[ana masih bingung pilih mana?]]></description>
			<dc:creator>hariyono</dc:creator>
			<pubDate>Sat, 18 May 2013 06:21:18 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-7051</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Mochamad says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-6319</link>
			<description><![CDATA[@Abu Utsman mungkin Imam Syafi'i atau Malik atau Nawawi melakukan qunut nazilah pada qunut subuh seperti yg dilakukan nabi saw.]]></description>
			<dc:creator>Mochamad</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 25 Mar 2013 02:48:49 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-6319</guid>
		</item>
		<item>
			<title>imron sholikhin says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-6201</link>
			<description><![CDATA[assalamu'alaiku m ustadz, semoga limpahan rahmat Allah SWT terlimpah kepada kita semua umat Nabi Muhammad saw,alkhamdulil lah kami diberi amanat kedua berupa anak laki2,yang 1 aqiqah sudah sesuai sunnah insyaallah, namun yang kedua belum karena mertua menghendaki dibarengkan dengan pindahan rumah kami, sehingga mertua mencari hari baik atas saran pakde,yang sebenarnya saya mengingkari atas hal ini namun iman saya masih lemah untuk memberikan nasehat kepada mertua, ustadz, anak kami lahir tanggal 26 Februari 2013 dan insyaAllah akan pindah rumah tanggal 4 April 2013 sekaligus acara aqiqah ,bagaimana hukumnya bila kita sudah mampu mengaqiqahkan anak sesuai sunnah tapi harus mengikuti saran mertua yang masih memegang islam kejawennya ? oia saya mengikuti saran itu untuk menghindari hal-hal yang tidak kami inginkan dalam menjalin hubungan kami dengan mertua tadz, saya mohon jawaban dan nasehatnya ustadz, jazzakallah khairan katsira atas nasehat dan jawabannya]]></description>
			<dc:creator>imron sholikhin</dc:creator>
			<pubDate>Sun, 17 Mar 2013 07:14:04 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-6201</guid>
		</item>
		<item>
			<title>nour says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-5641</link>
			<description><![CDATA[Ya Allah...anugrah i kami hati yang khusu']]></description>
			<dc:creator>nour</dc:creator>
			<pubDate>Sun, 10 Feb 2013 09:25:09 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-5641</guid>
		</item>
		<item>
			<title>nfr says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4941</link>
			<description><![CDATA[Bagaimana klo mengikuti qunut shalat jum'at.. karna di daerah saya klo shalat jumat menggunakan qunut.. mohon dijawab ustadz.. soalnya penting bgt]]></description>
			<dc:creator>nfr</dc:creator>
			<pubDate>Sat, 03 Nov 2012 16:27:17 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4941</guid>
		</item>
		<item>
			<title>alfiyan bin ahmad says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4826</link>
			<description><![CDATA[Mohon ustad firanda, atau ustad tempat abu utsman khudhari berada menasehati abu ustman khudhari karena perkataanya diatas kurang baik. dan ada banyak kesalahan pemahaman tentang bidah dan ahli bidah serta adab terhadap ulama dan bagaiman menyikapi ketergelinciran ulama dan ijtihad ulama. barakallahufiku m]]></description>
			<dc:creator>alfiyan bin ahmad</dc:creator>
			<pubDate>Sat, 20 Oct 2012 03:17:22 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4826</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Ibnu Abi Irfan says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4689</link>
			<description><![CDATA[bukankah TAQWA itu adalah seperti engkau berjalan di atas jalan berduri, lalu engkau berhati-hati dan berusaha keras untuk menjauhi duri tersebut? lalu jika kamu bersikap sembrono mengerjakan amalan tanpa ada perintah dari Al Quran dan As Sunnah, masihkah tersisa sifat TAQWA dalam dirimu? bukankah Zaid bin Tsabit ketika diperintah oleh Abu Bakar untuk mengumpulkan Al Quran merasa sangat berat, bahkan lebih berat daripada jika diperintah untuk memindahkan gunung? lalu dimana rasa beratmu ketika kamu mengerjakan peringatan maulid, membaca sholawat2 bid'ah, yasinan, tahlilan dan lain2?]]></description>
			<dc:creator>Ibnu Abi Irfan</dc:creator>
			<pubDate>Tue, 09 Oct 2012 02:49:01 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4689</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Abu Utsman Khudhari says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4677</link>
			<description><![CDATA[Assalamualaikum Wr. Wb. ustad, saya kira tidak ada kompromi, semua bid'ah adalah dholalah. kalau qunut itu bid'ah tdk ada alasan untuk persatuan lalu kita ikut-ikutan qunut. kita tidak boleh mengikuti ahlil bid'ah meskipun seperti Syafi'i atau Malik atau Nawawi yg berani melakukan amalan bid'ah seperti Qunut dan menjadikan mayorits ummat Islam saat ini menjadi ahlil bid'ah. kita mengikuti saja imam ahli hadits Ahmad bin Hanbal saja yg sudah jelas benar dan anti bid'ah karena semua yg dholalah kan finnar terima kasih]]></description>
			<dc:creator>Abu Utsman Khudhari</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 08 Oct 2012 05:27:17 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4677</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Kang Moels says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4417</link>
			<description><![CDATA[Assalamu’alaiku m Wr.Wb afwan ustad. dalam masalah qunut subuh ana setuju dengan shuhaibul ikhwan karena qunut menurut pamahaman kita sudah di kategorikan sebagai bid'ah, bukankankah rosulullah pernah menegur para shahabat setelah ketika para shohabat yang hendak mengikuti nabi membuang sandal yang di bawahnya ada kotorannya. ini menunjukkan tidak semua perbuatan imam dalam shalat harus di ikuti.]]></description>
			<dc:creator>Kang Moels</dc:creator>
			<pubDate>Thu, 06 Sep 2012 10:31:47 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-4417</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Abu Ali says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-3876</link>
			<description><![CDATA[assalamualaikum ustadz, saya mau bertanya soal qunut shubuh. di masjid tempat saya tinggal selalu melaksanakan qunut shubuh apa yang harus saya lakukan apakah terus mengikuti atau tidak? tapi batin saya selalu merasa ini salah dan kalau saya terus mengikuti orang-orang akan menganggap bahwa itulah yang benar... barokallahu fik...]]></description>
			<dc:creator>Abu Ali</dc:creator>
			<pubDate>Wed, 15 Feb 2012 18:43:49 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-3876</guid>
		</item>
		<item>
			<title>maman says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-3700</link>
			<description><![CDATA[barokhallohu fiik ustadz]]></description>
			<dc:creator>maman</dc:creator>
			<pubDate>Sat, 28 Jan 2012 21:47:38 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-3700</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Anam says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-3330</link>
			<description><![CDATA[Assalaamu'alayk um Ustadz Firanda, ana hendak bertanya apakah kisah di bawah ini sahih? Syukron. Imam Syafi’i adalah seorang tokoh besar pendiri Mazhab Syafi’i. Beliau dikenal sangat cerdas. Ada yang mengatakan bahwa sejak usia 7 tahun sudah hafal al-Qur’an. Beliau bukan berasal dari keluarga yang berkelebihan. Namun berkat kecerdasannya itu, beliau bisa belajar pada seorang guru di Mekah tanpa mengeluar biaya sedikit pun. Imam Malik juga tokoh besar pendiri Mazhab Maliki. Beliau berasal dari keluarga terhormat, baik sebelum maupun sesudah datangnya Islam. Kakeknya, Abu Amir termasuk keluarga pertama yang memeluk agama Islam dan juga menjadi ulama hadis terpandang di Madinah. Sejak Muda, Imam Malik menjadi orang yang cinta kepada ilmu. Beliau belajar ilmu hadis pada ayah dan paman-pamannya. Al-Muwatta’, kitab fikih yang berdasar dari kumpulan hadis-hadis pilihan, adalah kitab karangan beliau yang menjadi pegangan para santri sampai sekarang. Imam Syafi’i dan Imam Malik bertemu di Madinah. Ceritanya, setelah berguru pada banyak ulama di Mekah, Imam Syafi’i ingin sekali melanjutkan pengembaraannya ke Madinah. Apalagi beliau mengetahui di Madinah ada Imam Malik, ulama yang termashur itu. Di hadapan Imam Malik, Imam Syafi’i mengucal al-Muwatta’, kitab yang sebelumnya sudah dihafalnya saat berada di Mekah. Imam Malik sangat kagum pada Imam Syafi’i dan begitulah hubungan antara kedua tokoh besar itu selanjutnya. Dalam tradisi Mazhab Syafi’i, saat melaksanakan shalat Shubuh dibacakan doa Qunut. Berbeda dalam tradisi Mazhab Maliki, tak ada doa Qunut dalam salat subuh. Namun, perbedaan tradisi itu tak membuat hubungan keduanya retak. Mereka tetap menjadi guru dan murid yang saling menghormati pendapat masing-masing. Suatu hari, Imam Syafi’i berkunjung dan menginap di rumah Imam Malik. Saling berkunjung dan menginap itu sudah menjadi kebiasaan antara keduanya. Imam Syafi’i diminta gurunya menjadi imam saat melaksanakan salat subuh. Karena ingin menghormati gurunya, Imam Syafi’i tak membaca doa Qunut dalam salat berjama’ah itu. Begitu pun sebaliknya. Di lain hari, Imam Malik menginap di kediaman Imam Syafi’i. Saat Shubuh, mereka melaksanakan salat subuh berjama’ah, Imam Syafi’i meminta gurunya menjadi imam salat. Dengan alasan yang sama, Imam Malik pun membaca doa Qunut. Sumber: http://www.elhooda.com/2011/08/kisah-kebesaran-hati-seorang-imam-syafii-dan-imam-malik/]]></description>
			<dc:creator>Anam</dc:creator>
			<pubDate>Wed, 21 Dec 2011 11:02:45 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-3330</guid>
		</item>
		<item>
			<title>shadows says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-1848</link>
			<description><![CDATA[Assalamu’alaiku m Wr.Wb. ustdz, kalau perbuatan qunut dilakukan terus menerus , sehingga seolah – olah menjadi perkara wajib , sehingga dikemudian hari ini jika tidak qunut malah dianggap aneh dan salah, padahal perkara qunut tidak wajib. sedang perkara imam, banyak imam di masjid tidak mengetahui syarat syarat seorang imam, banayk sekali saya jumpai imam masjid dengan bacaan / lafadz yang salah dan tidak enak di dengar pula, bahkan saat mendirikan sholat berjamaah tidak pernah memperhatikan shof jamaahnya , sementara shof jamaah ga karuan berantakannya, miris saya melihat imam seperti ini, tetapi karena demi menjalankan kewajiban berjaamaah di mesjid saya tetap berjamaah tetapi berdiam saat qunut, saya kuatir perkara qunut ini akan dianggap wajib oleh anak cucu saya dikarenakan kedangkalan ilmu.]]></description>
			<dc:creator>shadows</dc:creator>
			<pubDate>Sat, 17 Sep 2011 10:45:27 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-1848</guid>
		</item>
		<item>
			<title>abu athallah says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-1783</link>
			<description><![CDATA[ustad, mau tanya kembali masalah duduk istirahat....da ri diskusi diatas yg agak janggal menurut saya adalah alasan keterlambatan makmum mengikuti imam...makmum mengikuti imam setelah sempurna gerakan imam dalam hal ini imam berdiri sempurna baru makmum mengikuti, bagaimana bisa dibilang makmum terlambat kalau waktu tunggu imam akan sama bila dihitung dr imam berdiri sempurna , krn kalau imam duduk istirahat dulu baru berdiri maka waktu tunggu imam terhadap makmum yg melakukan duduk istirahat akan sama dengan apabila imam tdk pakai duduk istirahat ( dihitung dari posisi imam sempurna berdiri dan makmum melakukan duduk istirahat)....m aaf agak panjang dgn maksud biar bisa dipahami, terima kasih jawabannya ustadz]]></description>
			<dc:creator>abu athallah</dc:creator>
			<pubDate>Sun, 07 Aug 2011 13:05:50 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-1783</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Abu_hurairah says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-588</link>
			<description><![CDATA[ustadz, maw tanya bagaimana dengan permasalahan lafal doa qunut itu sendiri yang sekarang doa qunut witir dipakai di qunut subuh, sementara setahu ana tidak ada lafal tentang qunut subuh,,sehingga memang dari sisi khilafiyyah ijtihadiyyah agar tidak menimbulkan perpecahan kita boleh ikut yang tidak menimbulkan masalah..tapi masalahnya kan lafal qunut subuh sendiri saya tidak tahu riwayatnya -wallahu a'lam-....apaka h memang tidak mengapa mengikuti meskipun lafal qunutnya itu yang dipakai dalam qunut witir?....mohon penjelasannya ustadz al fadhil al karim a'azzaniyallahu waiyyak....jaza kallahu khoiron ahsanallahu ilakum]]></description>
			<dc:creator>Abu_hurairah</dc:creator>
			<pubDate>Thu, 13 Jan 2011 23:25:04 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-588</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Hakim_Hulaimi says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-440</link>
			<description><![CDATA[Tambahan kepada artikel di atas : http://www.fawaaid.sg/2010/05/mengangkat-tangan-dan-mengaminkan-doa.html http://www.fawaaid.sg/2010/05/meneiliti-pendapat-yang-melarang.html]]></description>
			<dc:creator>Hakim_Hulaimi</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 13 Dec 2010 15:36:14 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-440</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Hakim_Hualaimi says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-439</link>
			<description><![CDATA[Link di bawah merupakan penambahan kepada fatwa para ulama berkenaan mengikut imam qunut subuh. http://www.fawaaid.sg/2010/05/mengangkat-tangan-dan-mengaminkan-doa.html http://www.fawaaid.sg/2010/05/meneiliti-pendapat-yang-melarang.html]]></description>
			<dc:creator>Hakim_Hualaimi</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 13 Dec 2010 15:35:16 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-439</guid>
		</item>
		<item>
			<title>shuhaibul ikhwan says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-331</link>
			<description><![CDATA[afwan,yaa ustazuuna fiilah,klo ana pribadi lebih cendrung :KLO IMAM QUNUT SUBUH KITA TIDAK HARUS IKUT,DG ALASAN: QUNUT SUBUH ADALAH BID'AH(WALAUPUN ADA YG MEMASUKKANNYA KPD KHILAFIYAH/BID' AH KHILAFIYAH),KRN IMAM SYAFI'I BERKATA:SEANDAI NYA HDS TSB SHOHIH ITULAH MAZHABKU,SDGKN DIJAMAN IMAM SYAFI'I PENTASHHIHAN HDS BLM SEMPURNA,JD TDK SMUA KHILAF DIANGGAP KCUALI YG MEMILIKI KEKUATAN DALIL,KLO DALILNYA LEMAH SELESAI SDH MSLHNYA,DLM MASALAH KHILAFIYAH YG TIDAK MENGHILANGKAN MAKNA MENDAHULUI,TIDA K IKUT IMAM,TETEP SAJA KAMI TDK IKUT IMAM,SPT:TAHRIK PD TASYAHUD,BERSED EKAP PD I'TIDAL JK IMAM BERSEDEKAP,DLL, KRN :SHOLLU KAMAA ROAITUMUNII USHOLLI,tdk disebutkan kamaa imamuka yusholli,juga dalil nb yg disandalnya ada najis,nb menegur shbt yg mengikuti,jg terakhir sblm nb wafat nb sholat dg duduk sdgkan para shbt berdiri smua&abu bakar membantu menguatkan takbir,dlm pndapt yg lain imam ahmad:makmum tidak ikut qunut,(syarah masaail jahiliyah:s.sho lih alu syaikh/mjlh fatawa Vol 3 no.8 juli 2007,risalatiku m mjlh assnh:11/XIII/s hafar 1431,feb 2010 hal 6, klo kisah utsman,tdk bisa dikiyaskan dg qunut krn illatnya tdk sama,usman sholat 4 rokaat,krn ada uzur:alasan bayknya org badui yg ikut sholat,jd ia ingin mengajarkan asal rokaat sholat,jangan badiu tsb salah paham,lagipun perselisihan ini menyangkut hal2 yg mu'tabar pd gerakan sholat menyangkut rokaat,bila tdk diikuti akan merusak ketaatan makmum pd imam,tp bedakn dg imam yg musafir tp jamaahnya mukim,atau makmum masbuq,atau imam yg kentut,garuk kepala&hall yg mubah dlm sholat:membunuh ular,dll,apkah makmum ikut?sbnrnya tahrik pd tasyahud lebih membuat fitnah bagi org awam(mrk menganggap aneh/pemecah,dl l)jadi apakah kita tdk boleh tahrik dg aalsan memecah belah umat,fitnah pd umat,jk begitu kpn snh2 :shollu kamaa roaitumuni usholli bisa didakwahkan?wal lohua'lam]]></description>
			<dc:creator>shuhaibul ikhwan</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 29 Nov 2010 01:08:44 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-331</guid>
		</item>
		<item>
			<title>fad says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-330</link>
			<description><![CDATA[Agar lbh memahami fatwa ibnu Taimiyah ini (hendaknya makmum mengikuti imam pada permasalahan2 ijtihadiah), saya perlu lbh lanjut bertanya, mhn penjelasannya ustad sebagaimana yg diketahui bahwa perbedaan pendapat dlm masalah gerakan salat itu banyak, dan hampir semuanya adalah perkara yg ijtihadiyah (CMIIW), spt : 1. masalah melafalkan niat salat atau tidak 2. mengangkat tangan saat takbir (sejajar bahu atau telinga 3. bersedekap atau meluruskan tangan saat bangun dari ruku 4. mendahulukan lutut atau tangan menuju sujud 5. langsung berdiri saat bangun dari sujud (menuju rakaat berikutnya) atau duduk istirahat dahulu 6. duduk tawaruk atau iftirasy pd salat 2 rakaat 7. menggerak gerakan jari saat tahiyat atau tidak digerakan 8. mengusap muka atau tidak mengusap muka saat salam di akhir salat 9. mengangkat tangan (takbir) atau tidak dalam salat dua hari raya, salat jenazah dan khilaf2 lainnya (afwan yg tertulis hanya yg saya ingat). pertanyaannya apakah dalam semua khilaf2 tsb (& yg lainnya)dalam salat dianjurkan mengikuti gerakan imam, atau spt apa penjelasannya? Jazakallahu khair]]></description>
			<dc:creator>fad</dc:creator>
			<pubDate>Sun, 28 Nov 2010 13:49:16 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-330</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Abu Ahmad says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-283</link>
			<description><![CDATA[Bismillaah.. Ustadz Firanda Hafizhokallooh. ... mengapa Imam Malik dan Imam Abu Hanifah pada artikel ini digelari dengan "rodhiyalloohu 'anhumaa"...? ( lihat alinea-7 )]]></description>
			<dc:creator>Abu Ahmad</dc:creator>
			<pubDate>Wed, 10 Nov 2010 14:49:23 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-283</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Firanda Andirja says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-245</link>
			<description><![CDATA[walaikumsalam, pada permasalahan ini ada khilaf diantara para ulama. adapun madzhab Hanbali maka sang makmum masbuq mengikuti sang imam yaitu dengan duduk tawarruk (lihat Kasyful Qinaa' dan Syarh Muntahal iroodaat), dan ana lebih condong pada pendapat ini. karena seorang makmum tatkala masbuk dan dia mendapati imam pada rakaat kedua sehingga imampun duduk untuk tasyahhud awal maka sang makmum tetap mengikuti imam untuk tasyahhud awal, padahal sang makmum di raka'at pertama. Sebagian ulama Syafi'iyyah berpendapat bahwa sang makmum dudunya iftirosy dan tidak tawarruk karena tawarruk adalah tanda untuk berakhirnya sholat, padahal sang makmum masbuq belum mengakhiri sholatnya. Wallahu A'lam]]></description>
			<dc:creator>Firanda Andirja</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 01 Nov 2010 03:19:19 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-245</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Firanda Andirja says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-244</link>
			<description><![CDATA[walaikumsalam, jika ternyata madzinya memang keluar maka sholatnya batal, karena keluarnya madzi merupakan salah satu pembatal wudhu, dan jika wudhu telah batal maka batal juga sholatnya. Wallahu A'lam Dan nasihat ana untuk sang ikhwan agar lebih meningkatkan ketakwaannya kepada Allah, dan berusaha untuk menjaga pandangannya, karena khayalan berasal dari pandangan yang diumbar. semoga Allah menjaga ikhwan tersebut dan mengkokohkan keimanannya.]]></description>
			<dc:creator>Firanda Andirja</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 01 Nov 2010 03:12:52 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-244</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Firanda Andirja says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-243</link>
			<description><![CDATA[Dzohir dari perkataan Ibnu Taimiyyah dan Syaikh Utsaimin, yiatu jika imam qunut maka makmum juga ikut qunut. jika makmum ikut qunut berarti ikut membaca doa qunut. dan jika imamnya membaca dengan sirr maka makmum tetap melanjutkan bacaannya. wallahu A'lam]]></description>
			<dc:creator>Firanda Andirja</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 01 Nov 2010 03:09:52 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-243</guid>
		</item>
		<item>
			<title>sayurhaseum says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-233</link>
			<description><![CDATA[yang saya dapati dari pendapat ibn taimiyah mengenai qunut adalah, betul bahwa sahya tidak boleh mendahului imam ketika dia qunut kita sujud. tapi pada tulisan diatas tidak dijelaskan bahwa ibnu taimiyah mensyari'atkan untuk ikut membaca qunut atau meng aminkannya. bukankah dalam mengangkat kedua tangan dan mengaminkannya ini pun masih diperselisihkan .....?]]></description>
			<dc:creator>sayurhaseum</dc:creator>
			<pubDate>Wed, 27 Oct 2010 08:49:38 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-233</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Mustafa says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-230</link>
			<description><![CDATA[Ustadz, mohon jawabannya, kasihan si ikhwan ini... Shalatnya kacau balau karena permasalahan madzi.]]></description>
			<dc:creator>Mustafa</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 25 Oct 2010 14:23:17 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-230</guid>
		</item>
		<item>
			<title>abu malik says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-228</link>
			<description><![CDATA[Ustadz, umumnya doa qunut pada shalat subuh hanya di baca sampai "wa qiniy birahmatika syarra maa qaadhait". apakah ketika imam mensirrkan lanjutannya, kita juga ikut membaca lanjutannya secara sirr?]]></description>
			<dc:creator>abu malik</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 25 Oct 2010 06:42:12 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-228</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Mustafa says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-226</link>
			<description><![CDATA[Assalamu'alaiku m ustadz Firanda, barakallahu fiik. Ana ada pertanyaan tentang Fiqh, walaupun agak menyimpang dari materi artikel tapi ana harapkan jawabannya dari ustadz mengingat penting dan mendesaknya masalah ini. Pertanyaan: Ada seorang ikhwan yang sebelum shalat sudah thaharah dengan baik, kemudian ia shalat. Di tengah shalat, sekejap ia terbayang tentang wanita. Lalu setelah shalat ia mendapati ada noda madzi di celana dalamnya. Apakah shalatnya sah atau tidak?? Mohon jawaban dari ustadz Firanda.]]></description>
			<dc:creator>Mustafa</dc:creator>
			<pubDate>Sun, 24 Oct 2010 22:31:26 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-226</guid>
		</item>
		<item>
			<title>abu ihsan says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-220</link>
			<description><![CDATA[asalamu'alaykum ustadz ana masih bingung ustadz dengan kalimat di bawah ini, seakan ada kontradiksi antara "Adapun gerakan-gerakan yang tidak mengakibatkan penyelisihan terhadap imam berupa mendahului atau keterlambatan maka tidak wajib bagi makmum untuk mengikuti imam." dengan "Wajib bagi makmum untuk mengikuti imam pada perkara-perkara yang diperbolehkan ijtihad meskipun sang makmum tidak sependapat." seakan2 kalimat kedua membatalkan kalimat yg pertama. karena anggap saja misalkan tidak menyelisihi imam dalam segi waktu namun berbeda dalam perojihan kafiyat gerakan dengan imam padahal tidak boleh sebagaimana pd kalimat kedua]]></description>
			<dc:creator>abu ihsan</dc:creator>
			<pubDate>Fri, 22 Oct 2010 08:54:58 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-220</guid>
		</item>
		<item>
			<title>tommi says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-207</link>
			<description><![CDATA[Assalamu'alaiku m ustadz -hafidzahulloh- Saya ada pertanyaan, misalkan saya masbuq lalu mengikuti imam dalam sholat yg 4 raka'at. Lalu ketika imam sampai pada tasyahud terakhir dan duduk tawarruk, bagaimana yg harus saya lakukan, apakah ikut duduk tawarruk atau tetap duduk iftirosy karena saya masih punya raka'at tersisa? Mengingat selama ini yg saya lakukan adalah ikut duduk tawarruk karena saya berpegangan pada hadits "Hanya saja imam dijadikan untuk diikuti...". Mohon tanggapan ustadz Firanda.]]></description>
			<dc:creator>tommi</dc:creator>
			<pubDate>Thu, 21 Oct 2010 06:36:42 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-207</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Firanda Andirja says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-197</link>
			<description><![CDATA[Akhil faadhil, ana udah baca dialog antara antum berdua. dari yang ana tangkap (tolong dikoreksi kalau salah) yaitu inti permasalahannya adalah apa 'illah dari hadits "Hanyalah dijadikan imam untuk diikuti". dan jangan dulu dikaitkan dengan kisah Ibnu Mas'ud yang berkata "Perselisihan itu buruk". Karena pembahasan tentang qunut apkah makmum harus mengikuti imam? itu terkait dengan hadits "Hanyalah dijadikan imam untuk diikuti" kita harus mentahqiq 'illahnya apa. adapun masalah kemaslahatan itu adalah perkara kedua. dari paparan ulama yang ana nukil di artikel jelas bahwa 'illahnya adalah agar tidak menyelisihi sang imam dari gerakan-gerakan dzohir dan tidak terlambat. dan ana rasa tidak ada seorang ulamapun yang menyatakan bahwa 'illahnya adalah kemaslahatan. Dari sini ana lebih condong pada pendapat Ibnu Taimiyyah dan Al-utsaimin hendaknya makmum mengikuti imam pada permasalahan2 ijtihadiah sebgaimana telah dijelaskan di artikel. agar lebih sempurna dalam mengikuti imam, sebagaimana dikatakan oleh Ali Bassaam. Wallahu A'lam bis Showaab wa baarokallahu fiik yaa akhii]]></description>
			<dc:creator>Firanda Andirja</dc:creator>
			<pubDate>Wed, 20 Oct 2010 15:49:18 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-197</guid>
		</item>
		<item>
			<title>aris munandar says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-165</link>
			<description><![CDATA[Mohon tanggapan ustadz mengenai diskusi yang ada di kolom komentar di link berikut: http://abul-jauzaa.blogspot.com/2010/09/qunut-shubuh.html Barokallahu fi ilmikum]]></description>
			<dc:creator>aris munandar</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 18 Oct 2010 15:08:36 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-165</guid>
		</item>
		<item>
			<title>abu aisha says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-160</link>
			<description><![CDATA[assalamu'alaiku m ustadz... jazakallahu khoiron atas penjelasannya, hati ana tambah mantap utk mengamalkan ilmu2 tersebut, insya allahu ta'ala. dan soal qunut subuh ada yg menarik di daerah ana. masjid dkt rumah ana tdk mengamalkan qunut subuh, tetapi kadang suka kedatangan tamu2 dari jamaah subuh keliling yg, ana tdk tahu alasannya apa, justru biasanya malah jadi imam dan berqunut. utk alasan ini dan karena tidak ada fitnah yg ditimbulkan, ana dan sebagian besar jamaah rutin di masjid tdk angkat tangan. wallahu a'lam. barokallahu fiik... wassalamu'alaiku m]]></description>
			<dc:creator>abu aisha</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 18 Oct 2010 09:56:32 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-160</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Fahrul says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-158</link>
			<description><![CDATA[Assalamu`alaiku m ] ana mau tanya tentang adab nih ustadz yaitu apabila ada seorang pengajar agama keliru dalam memberikan pelajarannya bagaimana cara kita menegurnya selama tak merendahkan sang pengajar?Jazaka llah.]]></description>
			<dc:creator>Fahrul</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 18 Oct 2010 08:42:18 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-158</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Fahrul says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-157</link>
			<description><![CDATA[Assalamu`alaiku m Terima kasih atas pengertian ustadz Firanda yang terhormat. Semoga tesis Ustadz Firanda di Saudi Arabia cepat selesai dengan baik dan lulus dengan nilai terbaik. Aamiin(maaf setahu ana ustadz masih tesis sebagaimana yang dikatakan Ustadz di kategori `Tentang Kami`) Jazakallah]]></description>
			<dc:creator>Fahrul</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 18 Oct 2010 08:39:28 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-157</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Firanda Andirja says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-156</link>
			<description><![CDATA[Walaikum salam. Akhil Kariim, perbedaan pendapat sudah biasa. masalah duduk istirahat boleh seorang makmum menyelisihi imam yang tidak duduk istirahat. sebagaimana penjelasan Syaikh utsaimin dan Ibnu taimiyyah dan sebagaimana perkataan antum. Hanya saja perkataan Syaikh utsaimin dan Ibnu Taimiyyah yaitu hanyalah keafdholan, yaitu lebih baik tidak duduk istirahat tatkala imam tidak duduk istirahat. akan tetapi hukumnya tetap boleh karena keterlamabatan hanya sedikit. Mengenai masalah diam tidak ikut qunut, silahkan antum berpendapat demikian, toh ada beberapa ulama yang berpendapat demikian. baarokallahu fiik. intinya sebenarnya antum tidak perlu minta maaf sama ana, karena antum tidak bersalah jika menyelisih ana atau menyelisihi Ibnu Taimiyyah dan Ibnu utsaimin. baarokallahu fiik wa zaadaklaahu 'ilman wa fahman.]]></description>
			<dc:creator>Firanda Andirja</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 18 Oct 2010 07:59:53 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-156</guid>
		</item>
		<item>
			<title>Fahrul says:</title>
			<link>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-155</link>
			<description><![CDATA[Assalamu`alaiku m Maaf ustadz,saya agak sedikit berbeda dengan ustadz dalam perkara duduk istirahat dan doa qunut shubuh terus menerus. Menurut saya yang lebih kuat dalam perkara ini(duduk istirahat)boleh dilakukan selama keterlambatan masih sedikit sebagaimana kita menyelesakain surah Al Fatihah tinggal 1 ayat saja dan masalah qunut shubuh yang lebih kuat adalah diam karena dia termasuk bid`ah serta berdasarkan dalil tak ada ketaatan dalam kemaksatan. Sekali saya minta maaf bila ada perbedaan ini bukan saya ingin meremehkan keilmuan ustadz firanda yang terhormat hanya sekedar sharing saja. Semua perkara ijtihad ini dikembalikan saja ke Al-Qur`an dan As-Sunnah menurut manhaj Salafush Shalih. Terima kasih atas izin ustadz Firanda untuk sharingnya.]]></description>
			<dc:creator>Fahrul</dc:creator>
			<pubDate>Mon, 18 Oct 2010 07:32:33 +0000</pubDate>
			<guid>http://firanda.com/index.php/konsultasi/fiqh/70-jika-imam-qunut-subuh-apakah-makmum-harus-ikut-qunut-kapankah-makmum-harus-sesuai-imam-dan-kapankah-boleh-berbeda#comment-155</guid>
		</item>
	</channel>
</rss>
